New Post

Debat! FIFA 17 vs PES 2017


Maaf nih admin jarang posting dikarenakan sibuk di dunia nyata. Oke kali ini admin akan mengulas tentang dua game sepakbola yang terbaik tahun ini. FIFA 17 dari EA Sport dan Pro Evolution Soccer 2017 dari Konami. Oke langsung saja, manakah yang berhak menjadi game sepak bola terbaik tahun ini?

Graphic
Yang pertama yang dilihat pasti grafiknya. Baik FIFA ataupun PES menawarkan grafik yang baik. Keduanya menawarkan grafik yang realistis misalnya baju yang kotor, percikan air, maupun tata cahaya. PES dengan Fox Engine-nya memiliki grafik yang bisa dibilang memukau, apalagi di sektor face. Face PES lebih detail daripada FIFA. Tapi patut disayangkan face yang detail hanya untuk klub Barcelona sedangkan untuk klub lain masih kurang detail.

Grafik Neymar Yang Jempolan

FIFA dengan Engine Frostbite-nya juga tidak kalah bagus. FIFA memiliki database face yang lebih banyak daripada PES. Meski beberapa face unggul PES tapi rambut di PES masih terlihat kaku. FIFA memiliki keunggulan di bagian tata cahaya dan detail stadion. Dan beberpa keunggulan FIFA adalah baju yang bisa melar saat ditarik. Overall menurut saya grafik FIFA lebih baik daripada PES.

Tata Cahaya dan Detail Stadion Yang Luar Biasa

Gameplay
Untuk gameplay PES 2017 hampir tidak memiliki perbedaan dengan PES 2016. Hanya sebagian kecil saja yang berbeda. Jika anda familiar dengan PES 2016 pasti anda juga familiar dengan PES 2017. Sedangkan untuk FIFA, saya menemukan gameplay yang berbeda dengan FIFA 16. EA Sports menyuntikkan inovasi gameplay baru untuk FIFA (atau bahkan untuk PES juga). EA Sports merombak sistem Set Piece dan berbeda dengan Set Piece yang kita kenal. Kita tidak hanya mengarahkan arah bola dan mengatur power saja, tapi juga bisa mengatur sudut, jarak ancang-ancang dan kita juga bisa memilih menendang menggunakan kaki luar atau kaki dalam. Jujur saja untuk gameplay saya lebih suka FIFA 17



Atsmosphere & Presentation
Untuk sektor ini FIFA lebih unggul. Komentator dan penonton yang terasa hidup. Yang membuat saya kagum, penonton tidak hanya melakukan chant andalan mereka saja tapi penonton juga bisa melakukan boo terhadap pemain lawan dan berdampak pada mental pemain. Dan juga kini pelatih di pinggir lapangan sesuai dengan aslinya. Pelatih akan merespon dengan apa yang terjadi di lapangan. Sedangkan untuk PES, atmosfirnya masih terasa hambar. Oh ya, kini penonton di PES 2017 juga bisa melakukan mosaic, sama seerti yang dilakukan FIFA

Pelatih Yang Merespon Apa Yang Terjadi Di Lapangan

Mode & Features
FIFA mengenalkan Mode baru yang bernama The Journey. The Journey mirip Career atau Become A Legend tapi bedanya, mode ini berfokus ke cerita sang pemeran utama yaitu Alex Hunter. Kita akan memakai Alex Hunter mulai saat ia kecil hingga ia menjadi pemain profesional. Efek dramatis akan kita temukan di mode ini, baik sedih atau senang, mirip dengan film Goal. Oh ya, kita tidak bisa merubah penampilan Alex Hunter . Untuk mode lainnya FIFA ataupun PES masih sama, hanya perbaikan saja. Tapi saya lebih suka mode FIFA Ultimate Team (FUT) dan Pro Club milik FIFA.

Presentasi Yang Sesuai Aslinya

Kesimpulan
PES dan FIFA berhasil menyuguhkan game sepakbola yang menarik. Untuk tahun ini saya simpulkan FIFA 17 lebih unggul daripada PES 2017. FIFA lebih cocok untuk anda yang tidak ingin ribet. Cocok untuk menghilangkan stress saat pulang kantor, tinggal colok langsung main tanpa pusing memikirkan lisensi. Update transfer maupun rating pemain juga langsung di update dari EA. Sedangkan PES cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas dan memiliki kreativitas yang tinggi. Bagaimana dengan anda sendiri? Mana yang anda pilih tahun ini?

FIFA win this year.

Tidak ada komentar