New Post

Google Gandeng UGM Ciptakan Text-To-Speech Bahasa Jawa


Pada hari ini, Senin (2/5/2016), Google mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) dalam Project Unison.

Tujuan dari proyek ini adalah mengumpulkan data penuturan bahasa Jawa sehingga Google dapat membuat suara Text-to-Speech (TTS) dalam bahasa Jawa.


Google menyebutkan, di Indonesia, terdapat 80 juta orang yang berbicara dengan bahasa Jawa. Karena itu, Google ingin membuat Android dapat menerima input dalam bahasa Jawa dan dapat membacakan teks dalam bahasa Jawa.

Dulu, membuat suara TTS adalah hal yang sulit. Karena untuk melakukan hal ini diperlukan data audio yang besar dan juga biaya yang tinggi. Namun, sekarang, dengan kemajuan teknologi dalam hal pembelajaran mesin, Google menyebutkan bahwa mereka dapat membuat model suara dengan data yang terbatas.

Perangkat yang Google perlukan -- komputer, mikrofon, USB converter dan preamplifier -- hanya memakan biaya sebesar USD2.000 atau sektiar Rp26,4 juta.

Pada awal bulan Mei, FIB UGM akan menyediakan ruangan dan peserta untuk mengumpulkan data suara dalam bahasa Jawa. Data yang dikumpulkan ini akan dibuat agar dapat diakses secara terbuka dalam waktu beberapa minggu ke depan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengembang Indonesia untuk membuat teknologi dengan bahasa Jawa.

Selain dengan UGM, Google juga bekerja sama dengan Universitas Reykjavik untuk Bahasa dengan Sumber Daya terbatas dalam rangka memperbanyak bahasa yang tersedia secara open source di internet.

Tidak ada komentar