New Post

Windows 10 Bisa Menjalankan Ubuntu



Canonical dan Microsoft selama ini telah bersaing dalam menghadirkan OS andalan masing-masing jadi yang terbaik di benak pengguna. Canonical dengan Ubuntu Linux mereka yang cukup populer di kalangan developer, dan Microsoft Windows yang lebih disukai penggguna umum karena mudah digunakan dan cukup simpel.

Namun bagaimana jika kedua kelebihan ini disatukan dalam satu OS, dalam Windows 10? Nah, tampaknya inilah yang sedang diusahakan oleh Microsoft. Ia menjalin kerja sama dengan saingannya, Canonical dan kini dikabarkan tengah menggarap project baru untuk mengintegrasikan Windows 10 dengan Ubuntu.

Tujuannya sendiri adalah untuk memungkinkan Windows 10 dapat menjalankan aplikasi dan tools yang saat ini ada di Ubuntu, yang mau diakui atau tidak memang dibutuhkan para developer. Dan kemampuan keren ini akan dihadirkan pada update terbaru Windows 10 Redstone.

Menjalankan Bush pada Windows memang bukanlah konsep yang baru, namun beda lagi ceritanya, jika kedua OS ini mulai teritegrasi secara keseluruhan. Yang pastinya akan mempermudah sejumlah tool Linux untuk dapat dipakai di platform Windows 10.

Hal ini tentunya jadi kabar baik untuk para pengembang, terutama mereka yang mendalami UI Modding, dimana nantinya sejumlah tool seperti Unity, Gnome, KDE dan lain sebagainya juga akan tersedia di desktop Windows 10 mereka.

Namun tetap, bagi Microsoft sendiri, tujuan project ini tidaklah lebih dari salah satu cara untuk meningkatkan popularitas Windows 10 di kalangan konsumen.

TAGS

Tidak ada komentar