New Post

Alasan Microsoft Selalu Menyertakan Game Ini di Windows



Masih ingat ngak dulu pas pertama kali install Windows, terutama yang lahir tahun 90an, pasti pernah main game misalnya Solitaire, Minesweeper atau FreeCell. Game ini begitu simpel dan sederhana, tapi cukup menghibur kita di kala senggang dan bikin ngangenin tentunya. Apalagi jaman dulu belum banyak game PC dibuat. Tapi pasti kalian nggak pernah mikir atau bertanya-tanya, kenapa game ini selalu disertakan di tiap versi Windows. Kenapa tidak diubah dari versi ke versi dengan game lain yang lebih seru? Paling kalian mikirnya ya game ini dibuat supaya pengguna PC juga mendapatkan hiburan selain digunakan buat ngetik atau yang lain. Ya nggak?

Ternyata, game-game legend ini didesain bukan hanya untuk jadi sekedar game bawaan gratis , tapi ada tujuan penting yang sangat berguna buat kita.

Solitare
Solitaire adalah game kartu yang telah ditemukan sejak akhir tahun 170aan. Solitaire adalah game Windows paling tua dan telah ada sejak versi 3.0 yang dirilis tahun 1990. Walau banyak yang bilang kalau game ini hanya untuk memamerkan game kartu digital mereka, ternyata sebenarnya game Solitaire diciptakan untuk membiasakan pengguna komputer dengan fitur drag and drop dari mouse.
Game logika pertama saya

Minesweeper
Minsweeper, game logika menjinakkan bom, awalnya muncul pada akhir tahun 1960an, tapi baru dimasukkan dalam Windows versi 3.1 pada tahun 1992 bukan karena pada waktu itu orang-orang masih belum terlalu menggunakan logika mereka, tapi karena developer Windows ingin agar pengguna mengembangkan kecepatan dan ketepatan ketika menggunakan mouse menekan tombol kiri dan kanan menjadi sebuah kebiasaan yang alami.
Game yang saya sampai sekarang gak ngerti cara mainnya

Hearts
Hearts dan FreeCell dirilis pada saat yang bersamaan, tapi diciptakan untuk alasan yang berbeda. Pada tahun 1992, Windows Workgroups 3.1 merilis Hearts sebagai game network pertama mereka. Pihak developer memperkenalkan konsep komunikasi secara digital dengan Hearts sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lain.
Game favorit pertama saya

FreeCell
FreeCell awalnya diperkenalkan sebagai bagian dari sebuah package bernama Win32s, yang mampu membuat aplikasi 32-bit berjalan di software Windows 3.1 16-bit. Game ini sebenarnya dirancang sebagai sebuah uji coba sub-sistem pengolahan data bernama thungking layer. Kalau thunking layer nggak terinstall dengan baik, FreeCell juga nggak bakal jalan.

Pinball
Game Pinball sebenarnya bukan asli buatan Microsoft melainkan buatan Cinematronic. Pinball diluncurkan pada tahun 1995 untuk platform Windows ME. Sebenarnya pinball dibuat agar pengguna bisa terbiasa dengan keyboard dan memiliki reflek saat menekan tombol. Sayangnya Pinball tidak hadir di Windows 7. Bukan masalah lisensi melainkan Microsoft kesulitan saat mencoba memporting Pinball dari versi 32 bit ke 64 bit.
Game favorit saya saat istirahat sekolah

Gimana? Masih inget atau malah rindu pingin main. Game-game tersebut memang lagenda dan menjadi ciri khas Windows. Sama seperti game Snake di handphone Nokia, Mario di Nintendo dan HALO di Xbox. Bagi yang masih rindu Microsoft masih menyediakannya kok di Windows Store



Sumber : http://nextshark.com/microsoft-solitaire-minesweeper/

Tidak ada komentar