New Post

Review Tom Clancy's Rainbow Six Siege : Game Taktikal Shooter Keren


Title : Tom Clancy's Rainbow Sis Siege
Genre : FPS Tactical
Developer : Ubisoft Montreal
Publisher : Ubisoft
Release Date : December 1, 2015
Reviewed on : Microsoft Windows 10
Also Available on : PlayStation 4 & Xbox One
Price : Rp. 489.000 (Steam)

Mengingat game multiplayer membuat kita ketakutan bahwa uang yang Anda keluarkan justru berakhir pahit, entah karena konten yang begitu minim, dukungan developer yang terhenti begitu saja, atau karena komunitas yang ternyata juga berakhir tak sama puasnya dan meninggalkan game ini dalam waktu yang begitu singkat. Ketakutan dan rasa pesimis ini jugalah yang mengawali langkah kami masuk ke game tactical shooter dari Ubisoft – Rainbow Six: Siege. Terlepas dari impresi masa beta yang pantas diacungi jempol, ada ketakutan bahwa ia akan berakhir sama.

Namun untungnya, impresi pertama yang ia tawarkan begitu kuat. Dua poin plus terbaik yang kami cicipi di awal-awal permainan adalah betapa balancenya sistem kompetisi yang ia tawarkan dengan atmosfer tactical yang ternyata masih mengakar kuat. Ia berhasil lepas dari cita rasa game FPS mainsteam sekelas Call of Duty, bahkan Counter Strike sekalipun dengan daya tarik dan pendekatan gamepaly yang unik. Impresi pertama yang begitu positif ini terus membuat kami kembal terlepas dari fakta bahwa ia tak banyak menawarkan mode permainan di dalamnya.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rainbow Six Siege ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang sangat pantas untuk dilirik? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.


Storyline
Mengingat ini adalah game multiplayer yang biasanya sangat minim cerita.Tidak heran jika Rainbow Six tidak menawarkan mode Singleplayer Campaign layaknya Call of Duty atau Battlefield tapi jangan beranggapan bahwa konflik dalam game ini tidak ada motif sama sekali. garis cerita Rainbow Six Siege berpusat pada matinya tim khusus Rainbow untuk waktu yang sangat lama. Vakumnya pasukan militer khusus tersebut berimbas pada hal yang negatif – munculnya kekuatan terorisme  di beragam tempat. Salah satu yang cukup berbahaya dan meraih popularitas cepat adalah organisasi bernama White Mask yang tak mengenal kata ampun.

Graphic Visual 
Grafik yang ditawarkan dalam Rainbow Siege ini tidak kalah dengan game sekelas Call Of Duty atau Battlfield. Sama halnya dengan Battlfield, Rainbow Six Siege juga menawarkan objek yang bisa dihancurkan misalnya tembok, pintu, atap ataupun kursi dan interior lain, meski tidak sedahsyat Battlfield. 

Efek lingkungan yang bisa dihancurkan

Gameplay
Mengingat ini adalah game tactical shooter anda tidak akan menemukan puluhan musuh yang bertebaran di peta sambil menembaki anda membabi buta. Anda di haruskan bermain "aman". Format dalam Rainbow Six hampir sama dengan Counter Strike yakni anda akan bertempur 5 vs 5. Jangan lupa Rainbow Six menghadirkan nyawa berupa indikator angka sama seperti Counter Strike, jadi jangan harap nyawa anda bisa meregenerasi, bahkan anda tidak akan bisa respawn. Oh ya perlu diingat, Rainbow Six menawarkan fitur Kill Teammates sehingga anda bisa melukai teman anda sendiri sengaja atau tidak sengaja. Hal yang berbeda dengan Counter Strike adalah anda bisa mesuk lewat jendela atau atap sehingga bisa mengagetkan musuh. Bukan hanya itu saja, anda akan dibekali alat canggih misalnya sensor pendeteksi bom.

Anda bisa menerobos lewat jendela

Satu hal yang membuat kami terpukau adalah fakta bahwa memang strategi adalah kunci untuk memenangkan setiap pertempuran yang Anda jalani, dan bukan sekedar koordinasi mata tangan dan kemampuan untuk mengendalikan recoil senjata. Dalam skenario yang tak mungkin sekalipun, dimana Anda berada dalam posisi yang sangat terjepit karena kalah di sisi jumlah, ambil contoh, ketika Anda terjebak dalam pertempuran 1 vs 4 atau 1 vs 5 tidak langsung menjadi vonis bahwa Anda akan kalah. Begitu seimbangnya game ini, hingga Anda selalu punya kesempatan untuk menang, selama Anda cukup rajin memutar otak untuk mencari celah terbaik untuk “mencuri” kemenangan ini. Tidak ada yang mustahil di Rainbow Six Siege.

Hampir mirip dengan CS tapi lebih taktikal

Konten
Rainbow Six menawarkan Mode yang lumayan banyak misalnya Singleplayer dan Multiplayer Online. Dalam Mode Singleplayer anda hanya bisa memainkan Mode Situations sedangkan Mode Multiplayer lebih lengkap lagi.

Anda akan medapatkan reward jika meneyelesaikan suatu misi

Conclusion
Rainbow Six Siege, bagi kami, hadir sebagai sebuah proyek kejutan yang luar biasa. Kami mencicipinya dengan penuh rasa skeptis bahwa ia akan berakhir berbeda, bahwa ia akan berujung seperti Evolve dan Star Wars Battlefront yang sekedar menjual hype di harga tinggi dengan konten terbatas dan komunitas yang cepat mati. Namun betapa terkejutnya kami bahwa ternyata bahwa ia berhasil membuktikan segala sesuatu yang kami ragukan berakhir salah. Rainbow Six Siege adalah sebuah game multiplayer yang sangat solid, seru dan menyenangkan di saat yang sama, dengan komunitas yang masih aktif bahkan lebih dari satu bulan setelah rilis. Ia berhasil mengadopsi sebuah sensasi game FPS yang benar-benar berbeda dengan produk kompetitor manapun di pasaran.

Walaupun demikian, bukan berarti game ini sempurna. Fakta bahwa kami sama sekali tidak menemukan Ranked Match untuk keperluan proses review ini sudah jadi pukulan yang cukup telak. Karena selain fakta bahwa Anda tak bisa mencicipi sensasi kompetitif yang seharusnya didesain lebih serius, absennya mode ini juga membuat mode Casual kini dipenuhi dengan begitu banyak user dengan level tinggi yang seringkali berakhir bertarung dengan user yang baru berusaha mengenal Rainbow Six Siege. Fakta bahwa game ini hadir tanpa mode campaign sama sekali juga jadi catatan ekstra tersendiri.

Berbeda dengan sebagian game multiplayer di tahun 2015 kemarin yang berujung pada kesimpulan kami untuk meminta Anda menghindari atau menahan diri, kami justru merekomendasikan Rainbow Six Siege untuk masuk ke dalam list belanja Anda, apalagi jika Anda termasuk gamer pecinta genre FPS yang butuh pendekatan taktik dan strategi yang mendalam. Skenario pertempuran yang selalu berbeda, balancing yang tepat, adrenalin yang secara konsisten terpompa, suasana tegang dan ekstra perang psikologis di dalamnya membuat Siege jadi game FPS multiplayer yang luar biasa.

Anda juga akan dibekali dengan gadget canggih

Kelebihan :
  • Sensasi FPS taktikal yang masih kentara
  • Beragam strategi yang bisa Anda eksekusi
  • Ragam Operators yang bisa digunakan
  • Proses balancing jempolan
  • Desain peta yang keren
  • Skenario pertempuran yang tidak bisa diprediksi
  • Tetap menyenangkan walaupun dimainkan tanpa teman

Kekurangan :
  • Sulitnya mencari Ranked Match
  • Proses balancing user di Casual Match yang masih butuh penyempurnaan
  • Tanpa mode campaign
Headshot !!!

Tidak ada komentar