New Post

Review Final Fantasy Type-0 HD : Tidak Banyak Berbeda

Title : Final Fantasy Type-0 HD
Genre : Action RPG
Developer : Square Enix
Publisher : Square Enix
Reviewed on : Microsoft Windows 10
Also Available on : PlayStation 4 & Xbox One
Release Date : August 18, 2015
Price : Rp. 199.999


Seperti yang kita telah ketahui Final Fantasy Type-0 sudah hadir pada tahun 2011 silam dalam platform PSP kini Square Enix merilisnya pada platform PC, PS4 dan Xbox One. Bagaimanakah perbedaan Final Fantasy Type-0 dengan versi HD ini? Simak review kali ini.



Storyline
Final Fantasy Type-0 HD bersetting di dunia yang terbagi ke dalam 4 negara atau yang disebut "Crystal States". Setiap negara memiliki crystal dan kekuatan yang berbeda-beda.Dominion of Ruburn menggunakan Vermilion Bird Crystal yang fokus pada kekuatan magic, Militesi Empire menggunakan White Tiger Crystal yang fokus pada kekuatan sains, Kingdom of Concordia menggunakan Azure Dragon Crystal yang memiliki kekuatan naga sedangkan Lorican Alliance menggunakan Black Turtoise Crystal yang berpusat pada kekuatan shield/pertahanan. Cerita bermula ketika Militesi Empire menyerang Vermilion Perystium dan menetralkan Vermilion Bird Crystal. Lantas apa yang melatarbelakangi Militesi Empire menyerang Vermilion Perystium? Bisa anda temukan dengan memainkan game ini, karena penuh spoiler he..he..he..


Story Mode yang terlihat sinematik


Graphic Visual
Bagi anda yang sudah memainkan versi PSPnya akan terasa familiar dengan kualitas visual yang ditawarkan. Dengan embel-embel "HD" Square Enix hanya menawarkan peningkatan grafik yang tidak terlalu signifikan. Yang berbeda hanyalah resolusi yang semakin tinggi, efek blur, grafik yang lebih tajam, efek partikel dan magic yang lebih baik. Tapi sayangnya animasi karakter masih terlihat kaku Ditambah kurang optimalnya porting pada platform PC. Hal ini juga diperparah dengan kontrol yang buruk, anda bahkan tidak bisa menggunakan mouse.


Detail grafis yang tidak banyak berbeda dengan versi PSP-nya


Gameplay
Berbeda dengan kebanyakan seri Final Fantasy, gameplay Final Fantasy Type-0 HD sedikit berbeda. Ia mengambil Action RPG mirip dengan Crisis Core : Final Fantasy VII tapi dengan ritme pertarungan yang lebih cepat. Anda hanya perlu menyerang dan menghindar, tapi tidak semudah yang anda bayangkan. Anda diharuskan menyerang dengan serangan seefektif mungkin misalnya saat musuh lengah (ditandai dengan lingkaran kuning atau merah)


Ritme pertarungan yang tergolong cepat, sayang masih telihat kaku

Dalam Final Fantasy Type-0 HD ini, anda bisa menggunakan salah satu dari 14 karakter yang ada.Masing-masing karakter memiliki senjata yang berbeda-beda dan cara bermain yang unik. Ada karakter yang bertarung menggunakan sihir dan kartu, ada yang menggunakan dua pistol, pedang samurai, sabit, tangan kosong, tombak, atau bahkan dengan alat musik sekalipun. Pengalaman kamu memainkan setiap karakter dijamin akan berbeda, dan ini jelas merupakan sebuah kelebihan yang sangat menarik.

Setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda

Conclusion
Final Fantasy Type-0 adalah sebuah gebrakan besar dalam seri Final Fantasy. Cerita yang lebih gelap dari biasanya membuat game ini justru lebih bersinar. Gameplay yang sangat berbeda, karakter-karakter menarik, serta beberapa elemen sampingan lainnya juga membuat game ini menjadi Final Fantasy yang begitu spesial. Sayangnya hal ini dirusak oleh kualitas visual yang buruk. Ditambah kontrol yang sangat kacau.


Meskipun memiliki kekurangannya sendiri, Final Fantasy Type-0 HD jelas merupakan sebuah game yang wajib dimainkan seluruh penggemar JRPG khususnya fans berat Final fantasy. Jika kalian membutuhkan hiburan JRPG berkualitas dengan cerita yang menarik dan tingkat kesulitan yang menantang, maka Final Fantasy Type-0 HD adalah pilihan tepat.


Kelebihan :
  • Genre berbeda dengan seri Final Fantasy lain
  • Cerita yang bagus
  • Karakter yang berbeda satu sama lain

Kekurangan :
  • Animasi kaku
  • Butuh spek lumayan tinggi
  • Kontrol buruk
  • Efek yang terlihat berlebihan

Tidak ada komentar