New Post

Cara Pakai WhatsApp Langsung di PC

Hari ini, WhatsApp telah meluncurkan aplikasi natif untuk dekstop. Pada dasarnya, WhatsApp untuk desktop memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp Web.

Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah WhatsApp desktop merupakan aplikasi yang berdiri sendiri, sementara WhatsApp Web hanya dapat diakses melalui peramban internet.

Tampilan keduanya juga mirip. Satu-satunya yang membedakan WhatsApp untuk desktop dari WhatsApp Web adalah karena ia memiliki menu di bagian kiri atas yang tidak ada pada WhatsApp Web. Saat menjajal aplikasi WhatsApp desktop, satu hal yang menurut saya cukup berguna adalah fitur shortcut keyboard.





Misalnya, CTRL + N yang merupakan shortcut untuk membuka window baru. Jika Anda menekan shortcut ini pada WhatsApp Web, maka shortcut ini akan dieksekusi oleh peramban, yang berarti Anda akan membuka jendela peramban baru. Namun, jika Anda menggunakan WhatsApp untuk desktop, Anda dapat membuka chat baru. 


Setelah menekan shortcut CTRL + N, Anda akan secara otomatis diarahkan pada bar untuk mencari kontak yang hendak Anda hubungi. Ketik nama orang yang hendak hubungi dan pilih nama orang tersebut, dengan cara menekan enter atau mengklik nama teman Anda.

Di bawah ini Anda dapat melihat daftar shortcut yang bisa Anda gunakan pada WhatsApp untuk desktop.



Untuk menggunakan aplikasi WhatsApp untuk desktop, pertama-tama, Anda dapat mengunduhnya disini atau di website resminya www.whatsapp.com/download/File dari aplikasi ini memakan memori sebesar 61,5 MB. Setelah itu, pasang aplikasi WhatsApp.


Saat pertama kali masuk, Anda akan melihat sebuah QR code, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar utama artikel. Buka aplikasi WhatsApp pada perangkat mobile Anda dan pindai QR code tersebut. Pilihan untuk memindai kode tersebut terdapat di menu Settings > WhatsApp Web.

Anda dapat memilih untuk membiarkan komputer mengingat akun Anda atau agar membuat agar Anda secara otomatis keluar dari akun setelah menutup aplikasi.

Anda juga dapat membuat tulisan menjadi miring, tebal, atau dicoret melalui aplikasi WhatsApp untuk desktop. Namun, Anda tidak bisa menggunakan shortcut keyboard untuk melakukan ini. Sebagai gantinya, Anda harus menambahkan tanda tertentu di depan dan belakang kata atau kalimat yang hendak ditebalkan atau dimiringkan.

Misalnya, untuk membuat tulisan miring, Anda harus menambahkan lambang underscore (_) di depan dan belakang kata atau kalimat. Namun, pada komputer Anda, teks pada WhatsApp akan terlihat seperti biasa. Teks baru akan terlihat menjadi tebal, miring atau tercoret saat Anda melihatnya pada aplikasi WhatsApp versi mobile


Tidak ada komentar