New Post

Review Need for Speed : Shift 2 Unleashed - Game NFS Dengan Cita Rasa Simulasi


Title : Need for Speed : Shift 2 Unluashed
Genre : Racing Simulation
Developer : Slighty Mad Studios
Publisher : Electronic Arts
Release Date : March 31, 2011
Reviewed on : Microsoft Windows 10
Also Availeble on : Playstation 3, Xbox 360 
Price : Rp. 333.000 (Origin)

Harus diakui game balapan andalan EA, Need for Speed selalu ditunggu kehadirannya. Namun sangat berbeda dengan game balapan EA yang selalu hadir dengan genre action dengan aksi brutal, kini EA menghadirkan game balapan dengan genre simulasi dengan balapan di sirkuit. Bagaimana sensasinya? Simak review kali ini


Storyline
Berbeda dengan game NFS seperti Underground, Most Wanted atau Carbon, Shift 2 Unleashed tidak memiliki cerita sama sekali bahkan sang karakter utama tidak memiliki latar belakang yang jelas. Intinya anda adalah pembalap pemula yang berjuang untuk memenangkan setiap seri balapan dan naik kelas yang lebih tinggi.

Balapan di malam hari yang sangat menantang

Graphic Visual
Berbicara tentang grafik Shift 2 Unleashed pantas diacungi jempol. Desain mobil terlihat sangat nyata, bahkan bagian dalam interior terlihat seperti aslinya. Yang berbeda dengan game NFS lain, kini anda berkesempatan menggunakan kamera dari dalam dan mengambil sudut pandang pembalap. Animasi pergerakan pembalap terlihat begitu hidup. Tata cahaya juga pantas diacungi jempol.

Grafik yang terlihat keren

Gameplay
Seperti yang sudah saya bilang di awal. Shift 2 mengusung gameplay simulasi, artinya anda tidak akan menemukan kejar-kejaran dengan polisi atau melompat dengan kecepatan tinggi. Anda akan balapan di sirkuit resmi sama halnya denga F1 atau MotoGP. Membosankan? Menurut saya tidak, Shift 2 Unleashed memiliki tantangan tersendiri misalnya menyalip. Menyalip pembalap lain tidak semudah yang dibayangkan, butuh strategi ekstra untuk melakukannya. Sedikit kesalah fatal akan membuat mobil anda tidak stabil dan akan menimbulkan crash/kecelakaan. Kecelakaan tidak hanya berdampak pada visual saja tapi berpengaruh juga dengan mobil anda.

Menyalip lawan bukan perkara mudah, sedikit kesalahan fatal bisa membuat anda crash

Tingkat kesulitan sangat menantang ditambah AI yang sangat pintar. Bagi anda yang sangat awam di dunia balapan simulasi, Shift 2 memberikan opsi Beginner sehingga mobil anda akan bergerak sedikit otomotasi misalnya saat tikungan tajam, mobil anda akan menyesuaikan dengan kecepatan optimal sehingga crash akan bisa diminimalisir sedangkan bagi anda yang sudah profesional Shift 2 menghadirkan kontrol yang sangat relatistis misalnya perpindahan gigi secara manual dan dihapuskannya safety line.sehingga anda diharuskan mencari trek sendiri yang menurut anda optimal. Saftey line merupakan garis/tanda yang dtujukan sebagai trek/rute paling aman. Safety line akan berwarna hijau jika kecepatan anda aman dan berubah merah jika anda terlalu cepat.

Musuh yang sangat menantang

Content
Untuk sebuah game balapan, anda bisa bermain offline atau multiplayer online. Untuk mode offline anda bisa bermain Career Mode. Dalam Career Mode akan menjadi pembalap mulai dari 0. Setiap anda menang anda akan mendapatkan EXP yang berguna untuk menaikkan level. Semakin tinggi level anda, maka semakin banyak event yang bisa anda ambil. Anda juga bisa mengupgrade mobil anda. Tidak hanya performa, anda juga bisa merubah tampilan mobil anda mulai dari bagian luar hingga bagian dalam. Pilihan mobil menurut saya masih sedikit. 

Semakin tinggi level anda, semakin banyak event yang bisa anda buka

Conclusion
Harus diakui, Shift 2 Unleashed membawa angin segar bagi anda yang mendambakan balapan di sirkuit atau bagi anda yang bosan dengan balapan kejar-kejaran dengan polisi. Shift 2 menghadirkan fitur yang menrik misalnya upgrade mobil yang lengkap, online mode atau bahkan tingkat kesulitan yang sangat lengkap sehingga cocok dimainkan bagi gamer pemula atau veteran sekalipun.

Mobil favorit saya, Lamborghini Gallardo

Kelebihan
  • Fresh
  • Pengaturan tingkat kesulitan yang lengkap
  • Upgrade mobil
  • Musuh menantang

Kekurangan
  • Tidak ada mode Multiplayer Offline atau bahkan LAN
  • Kontrol sedikit susah
  • Career Mode tergolong pendek

Tidak ada komentar